Thursday, October 4, 2012

Contoh Naskah Drama

ARTI PERSAHABATAN

Bintang yang setia pada malam, begitu pula kesetiaan embun menemani pagi. Matahari yang tak pernah lelah terangi dunia ini. Seperti itulah persahabatan, selalu setia tanpa diminta. Saling mengerti tanpa harus memohon. Tak ada satupun orang di dunia ini yang hidup tanpa persahabatan, persahabatan adalah kisah terindah yang tak terlupakan bagi setiap insan yang pernah merasakannya.

Luna, Satrya, Olive, Bondan dan Meta sedang duduk bergerombol bersama. Mereka mengobrol, bernyanyi sambil sesekali tertawa lantang, saling menjahili satu sama lain. Sungguh seperti sebuah keluarga yang harmonis. Karena merasa iri hati, Lexa dan Tita yang tak mempunyai banyak teman datang untuk mengacaukan suasana.

Lexa      : “Idih…!! suara pas-pasan aja sok mau nyanyi!”
Bondan  : “Suka-suka dong! Kayak suara kamu aja yang paling enak!"

Semua anak di tempat itu tertawa keras, kecuali Lexa dan Tita yang rautnya berubah menjadi tak karuan. Bondan dan kawan-kawannya pun melanjutkan lagi obrolan mereka tanpa menghiraukan Lexa dan Tita.

*Lexa dan Tita  pergi meninggalkn tempat dengan wajah berlipat*

Bondan    :  “Hmm.. sorry fren, aku balik duluan ya? Ada janji buat
                         latihan, maklum  mau ada  konser amal kecil-kecilan gitu..”

Meta       : “Duh, sibuknya! Ya udah buruan berangkat, ati-ati!” 

Olive       : “Waduh.. panggilan alam nih, aku ke toilet dulu yah..? 

Luna       : “Hmm dasar gak berubah.. haha..”

Meta       : “Biasa, Na. Kalo nggak gitu, bukan Olive namanya,”

Luna       : “Eh, haus nih.. minum es enak kali ya??”

Satrya     : “Iya juga ya. Oke kalo gitu aku beli es dulu ya, tunggu di 
                             sini aja sama Meta,” 

Meta       : “Na.. sebenernya beberapa bulan ini ada yang beda dari 
                           aku, aku udah nggak bisa nyembunyiin ini semua. Dan 
                           menurutku cuma kamu yang bisa jaga rahasia ini.”

Luna      : “Rahasia? Cerita aja, Ta.. kita kan temenan udah lama.
                             Lagian aku udah siap kok buat jadi pendengar yang baik,”

Tanpa mereka sadari, Satrya berdiri di kejauhan dengan beberapa bungkus es di tangannya. Satrya melihat Luna dan Meta sedang asyik bercerita, dan mengurungkan niatnya untuk menghampiri mereka. Ia melamun. Dan saat tersadar dari lamunannya, ia menuju Meta dan Luna, dan tersentak ia terkejut mendengar ucapan Meta.

Meta      : “Aku.. su—ka Bondan!!” (dengan terbata-bata)

Satrya    : “Hah..?! Meta suka Bondan??” (berkata lirih)

Olive      : “Hah?!” (ucapan Meta yang membuatnya kesal)

Luna      : “Eh, kalian udah pada balik!” 

Olive      : “Ta.. serius kamu suka Bondan??”

Meta      : “Hmm.. ngomong apa sih, kamu..? (pura-pura tidak tahu)

Olive      : “Halah..!! gak usah bo’ong deh.. aku denger kok!” 

Luna      : “Kamu salah denger, kali?” (berusaha menengahi)

Olive      : “Ta, kayaknya kamu juga harus tahu! Aku suka sama 
                            Bondan udah lama banget, kamu nggak boleh gitu dong!! 
                            Kayak nggak ada yang lain aja?!”

Satrya    : “Heh udah diem semua!!” 

Meta      : “Oh gitu ya?! Berarti kamu tuh yang ngerebut gebetan 
                            temen sendiri, kamu  aja yang naksir ama cowok laen, 
                            ngapain pake nyuruh aku??” 

*Keadaan semakin parah karena tidak ada yang mau mengalah.*

Luna   : “Udah, jangan bertengkar cuma gara-gara masalah cowok!” 

Satrya : “Kita udah temenan lama, jangan sampai semua rusak 
                          cuma karena masalah sepele kayak gini!”

*Olive meninggalkan teman-temannya dan pergi menyendiri*

Sialnya, dua orang yang sangat membenci Bondan cs mengetahui perkara ini. Alexa memanfaatkan keadaan ini untuk menghancurkan persahabatan mereka berlima. Dengan satu-satunya teman setia yaitu Tita, mereka mempengaruhi Olive supaya memusuhi dan membenci semua sahabatnya itu.

*Olive duduk termenung, sendiri, dan terdiam*

Alexa     : “Ehm.. kok cemberut sih??” (berusaha menarik simpati)

Tita       : “Ada masalah ya, Liv?”

Olive      : “Katanya sahabat, masak harus naksir cowok yang sama?! 

Lexa      : “Sabar aja deh. Mending sementara nggak usah temenan 
                       deh sama mereka. Nanti kan jadi saingan yang nggak sehat!” 

Tita        : “Iya, bener tuh,” (meyakinkan Olive)

Olive      : “Gitu, ya..?”

Lexa      : “Gini, mending mulai sekarang kamu gabung ama 
                           kita berdua. Nanti kita akan bantu kamu ngalahin 
                           si Meta gingsul itu!”

Tita        : “Iya, bener, Liv. Kita bela kamu kok”

Olive       : “Emang boleh..??”

Tita & Lexa : “Ya boleh, lah!!”

*Olive hanya tersenyum, entah benar / tidak keputusannya ini, dia tidak begitu peduli.*
Di sisi lain, keadaan rumah tangga orang tua Luna sedang dilanda pertengkaran hebat. Papanya yang selalu marah-marah bersikap keras dan memukul Mama Luna. Sementara itu Aldo, adik Luna hanya bisa diam tanpa mengerti apa yang sebenarnya terjadi.

Papa Pratama : “Kamu ini bisanya bikin susah suami aja!!” 

Mama Mey      : “Aku salah apa, Pa..??”

Papa Pratama : “Kerjaan kamu seharian cuma shopping, arisan, 
                                   ngumpul sama temen-temen. Nggak pernah ada 
                                   di rumah. Liat ni anak kamu jadi nggak keurus!”

Mama Mey   : “Tapi Papa juga sibuk sendiri sama klien-klien di
                                   kantor. Nggak peduli sama istri dan anak-anak!!” 

Papa Pratama : Plaak..!! *tmparan keras singgah di wajah Mama Mey*

Aldo               : “Ma, Papa kok mukul-mukul Mama..?” 

*Mama Mey menangis. Luna datang dan terkejut melihat semuanya*

Luna               : “Mama…?!” (datang memeluk Mama Mey)


Keesokan harinya.. Satrya menceritakan semua yang terjadi kemarin antara Meta dan Olive.

Satrya     : “Menurutku kamu hrus cepet bikin keputusan. Kasih 
                              kepastian buat mereka berdua. Aku nggak mau mereka 
                              bertengkar terlalu lama.”

Bondan     : “Oke, oke..! aku bakal berusaha jelasin semuanya biar 
                              mereka nggak bertengkar sia-sia,”

Bondan pun berusaha menemui Meta dan Olive hari itu juga. Namun sayang, hanya Meta yang mau menerima keputusan Bondan, sedangkan Olive lebih memilih menghindarinya.

Bondan      : “Ta, bener kamu suka aku?”

Meta         : “Satrya nggak bohong kok soal yang kemarin itu!”

Bondan      : “Gini, Ta. Sebelumnya aku minta maaf. Soalnya gara-
                              gara aku kamu jadi tengkar ama Olive. Bukannya apa-
                              apa, tapi buat waktu dekat ini aku lagi nggak pengen 
                              mikirin cewek. Aku masih mau serius di dunia musikku,” 

Meta       : “Oke. Aku ngerti kok. Cuma kayaknya sekarang Olive 
                             udah terlanjur terpengaruh sama Alexa. Kayaknya bakal 
                             sulit buat ngembaliin dia kayak dulu lagi,” 

*Olive, Lexa, dan Tita berjalan melewati Bondan dan Meta, namun bersikap tidak peduli)

Bondan             : “Olive?”

Olive                : (berjalan terus tanpa henti)

Mendekati Aldo adalah salah satu cara yang dipakai Satrya untuk menarik perhatian Luna. Hari ini pun Satrya akan mengunjungi rumah Luna. Dan di perjalanannya menuju rumah Luna, ia melihat Aldo tergeletak tak sadarkan diri di pinggir jalan. Sepertinya ia menjadi korban tabrak lari. Cepat-cepat Satrya membawa Aldo ke Rumah Sakit. Sesampainya di Rumah Sakit…
Satrya      : “Halo, Luna? Adek kamu di RS. Dia habis ketabrak
                             kendaraan, cepetan kamu ke Rumah Sakit—mm, 
                             Cempaka Husada,”

Luna        : “Hah, sekarang keadaannya gimana?!” (panik)

Satrya   : “Tenang aja, yang penting sekarang cepetan ke 
                           sini! Jangan lupa bilangin Mama dan Papamu!”

*Tak lama kemudian Luna datang sambil berlari tergesa-gesa*

Luna        : “Ya ampun…. Aldo!!” (begitu melihat Aldo)

Satrya      : “Dokter udah periksa dia, katanya luka di 
                             kepalanya itu nggak terlalu parah, kok,” 

Luna        : “Syukur deh kalo gitu..”

Satrya      : “Hmm.. aku ke toilet dulu ya. Kamu di sini aja
                            jagain Aldo sambil nunggu ortumu dateng,”

Luna        : “Iya, tapi jangan lama-lama. Aku takut sendirian di sini,”

Satrya      : “Oke,”

Saat Satrya berada di toilet, dia ingat akan teman-temannya yang pasti juga harus diberitahu tentang ini. Tanpa menunggu lagi, Satrya segera menelepon Meta dan Bondan. Setelah selesai memberitahu mereka, Satrya keluar dari toilet dan hendak berjalan kembali ke ruang rawat. Saat ia berjalan, tiba-tiba bahunya tertabrak dengan bahu seseorang. Betapa kagetnya Satrya saat melihat ternyata bahu yang ia tabrak adalah bahu Olive.

Olive        : “Aduuh…!” (sambil memegangi bahunya)

Satrya      : “Oh, maaf, maaf.. Nggak sengaja, lagi buru-buru,”

Olive        : “Iya, iya. Nggak apa-apa kok,”

Satrya      : “.. lho? Olive?? Ngapain kamu di sini..?”

Olive        : “Eh, Satrya.. Iya, aku habis nganterin Mama check up,
                             tapi aku ada perlu, jadi Mamaku pulang duluan. 
                             Terus.. kamu sendiri nagapain di sini?”

Satrya      : “Ini, Aldo adiknya Luna ketabrak, sekarang lagi 
                             dirawat di kamar 555. Ini aku lagi nungguin Bondan 
                             ama Meta dateng,”

Olive        : “Oh…”

Satrya      : “Kamu masih marah sama Meta? Sama kita juga?”

Olive        : “Ngg… nggak sih. Agak sebel aja. Emang kenapa?”

Satrya      : “Liv, aku cuma mau beritau, Alexa itu bukan orang yang
                             baik. Dia manfaatin keadaan kita yang lagi retak ini 
                             dengan menghasut kamu. Inget Liv, kita udah lama 
                             sahabatan. Kita semua tau siapa aja yang layak diajak 
                             temenan. Dan Alexa nggak termasuk dalam kategori itu. 
                             Dia itu cuma mau ngehancurin kita aja..”

Olive        : “Tapi si Meta itu lho..” (memasang wajah kecut)

Satrya    : “Bondan udah jelasin ke Meta. 
                            Dia ngerti kok, masa kamu nggak?"

Olive        : “Gimana ya?? Iya sih, aku liat Alexa itu nggak baik.”

Satrya      : (menunggu Olive sambil menatap matanya tajam)

Olive        :”.. mungkin aku pikir aku minta maaf aja ya ama Meta…?”

Satrya       : “Naah, gitu dong! Ya udah, kamu ikut aku aja ke 
                             kamarnya Aldo. Nanti kita tunggu Meta ama Bondan 
                             dateng,”

Olive        : “Udah deh. Eh.. tapi aku ke toilet dulu ya. Kamu jalan 
                             aja duluan, ntar aku nyusul kok.”

Satrya      : “Oke, cepetan ya!” 

Sementara itu…

Mama Mey     : “Aldo!! Anakku sayang,”

Papa Pratama : “Liat ini! Ngurus anak aja nggak becus!!” 

Mama Mey      : “Ini juga salah Papa! Selalu sibuk sampai nggak 
                                   punya waktu buat nemenin Aldo main!” 

Luna             : “Udah berhenti..!! Mama sama Papa kelakuannya 
                                  sama saja! Aldo lagi sakit masih aja bertengkar, Luna 
                                  capek! Masalah itu gak bakal selesai kalau nggak 
                                  diselesaiin baik-baik.. Yang ada kejadian malah 
                                  tambah berantakan, coba deh Papa sama Mama 
                                  ngertiin aku sama Aldo. Kita nggak pengen Papa-Mama
                                  bertengkar terus! 

Aldo           : “Mama.. Papa.. Kak Luna..” (tersadar dari pingsannya)

Papa Pratama : “Mama.. Aldo.. Luna.. Papa minta maaf ya? Papa 
                                  janji bakal nyediain waktu buat ngumpul bareng-
                                  bareng kalian semua. Papa sadar selama ini Papa 
                                  terlalu sibuk di kantor,” 

Aldo           : “Iya.. kita semua maafin Papa! Tapi Papa 
                                  janji ya gak boleh mukul Mama lagi..?”

Papa Pratama    : “Iya,” (memeluk istri dan anak-anaknya)

Kemudian, Satrya telah kembali dari toilet, bersamaan dengan Meta dan Bondan yang baru datang. Tak lama kemudian, Olive mengetuk pintu..

Olive    : “Ehm.. aku boleh masuk, kan?” (sedikit ragu)

Aldo     : “Eh, Kak Olive. Nggak papa masuk aja, Kak!”

Oliv     : “Sebenernya.. selain mau jenguk Aldo, aku dateng 
                    juga untuk minta maaf atas semua kesalahanku sama kalian 
                          selama ini. Satrya udah jelasin semua ke aku. Kalian mau, 
                          kan, maafin aku..?”

Meta    : Aku juga minta maaf udah ngomong kasar ke kamu.  
                         Maafin aku juga, ya?”

Bondan : “Nah, kalau gini kan lebih enak, ya kan, Fren??”

Satrya  : “Aku juga seneng kalo kita semua akur lagi kayak dulu,” 

Luna  : “Makanya, laen kali kalo mau naksir cowok nggak usah 
                          pake acara kompakan..!”

Semua   : (tertawa bersama-sama)

Tita      : “Eh, sorry kalo ganggu. Sebelumnya aku mau minta maaf 
                          sama kalian. Selama ini aku salah pilih temen. Aku sadar 
                          Lexa cuma manfaatin aku aja. Kalian mau, kan, nerima 
                          aku jadi teman kalian??” 

Semua   : “Ya boleh, lah!!”

Sesaat kemudian, handphone Tita berdering nyaring, mengejutkan semua orang… Terkejutlah semua orang dalam ruangan itu saat mendengar berita bahwa Alexa mengalami kecelakaan!

Meta      : “Lho kok..?!”

Bondan   : “Terus keadaannya gimana sekarang..?”

Olive      : “Di Rumah Sakit mana?”

Luna      : “Parah apa nggak?”

Aldo       : “Alexa itu siapa…?”

Tita       : (hanya diam mendengarkan semua pertanyaan itu)

Satrya    : “Gini aja. Sekarang biar Tita ceritain semua yang 
                           dia tahu tentang keadaan Alexa sekarang,”

Aldo       : “Iya, ayo cerita. Aldo juga pengen tahu!”

Tita hanya diam. Dia masih shock dengan banjir pertanyaan barusan.

Olive      : “Titaaa ??”

Tita   : “Hmm.. jadi gini, sekitar satu jam yang lalu Lexa 
                         ceritanya mau ke sini. Dan tadi berita dari rumah
                         sakit bilang kalo Lexa ditemuin jatuh di 
                         perempatan deket sini. Katanya dia cukup kritis,”

Meta      : “Rumah Sakit mana?”

Tita       : “Emm, Cempaka apaa gitu, lupa aku—”

Bondan   : “Cempaka Husada, Ta?”

Tita       : “Nah itu! Bener!”

Bondan   : “Ya ampun Taaa, itu kan Rumah Sakit ini! Ayo ayo 
                           kita tanya ruangan mana!” 

Olive      : “Ya udah, sekarang kita bareng-bareng nyari. Om, tante,  
                           kita semua permisi dulu yah!!”


*Dan tak lama kemudian mereka semua tiba di ruangan tempat Alexa dirawat*

Tita       : “Lexa… kamu nggak apa-apa kan?” 

Alexa     : “Aku udah agak mendingan kok.. makasih ya kalian  
                          semua udah mau jenguk aku..”

Meta      : “Ya.. walaupun kita masih agak kesel ama kamu,” 

Bondan   : “Udahlah.. yang kemaren nggak usah diungkit-ungkit lagi!”

Alexa     : “Hhm, aku minta maaf yah, selama ini aku banyak banget
                          salah ama kalian. Mau kan, maafin aku??”

Meta      : “Iya, kita mau kok maafin kamu! Tapi ada syaratnya, lho!”

Alexa     : “Apa syaratnya?”

Meta      : “Kalo kamu udah sembuh, traktir kita makan!!” 

Luna      : “Eitz.. satu lagi, adek aku juga diajak yah?” (merayu)

Semua   : (tertawa bersama-sama)

Tak ada satupun manusia di dunia ini yang sempurna. Mereka semua tak pernah luput dari kesalahan. Oleh karna itu meminta maaflah jika merasa bersalah. Dan maafkanlah bila ada yang bersalah. Semua akan indah jika kita saling memaafkan satu sama lain.

0 comments:

Post a Comment